Selasa, 26 April 2016

Cara Install Database Oracle 10g Windows 7

Halo teman-teman kali ini kita akan bahas sesuai dengan topic kita yaitu menginstall oracle. mungkin beberapa teman-teman udah tau cara installnya bagi yang masih binggung ini mungkin bisa jadi refesensi teman-teman. Disini kita akan menginstall dengan menggunakan ORACLE 10g. sebelum kita install teman-teman mesti punya master oraclenya. Oracle merupakan database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen database RDBMS.


Oke kita langsung aja tahap-tahap menginstal oracle:
Persiapkan master oracle 10g, disini penulis menggunakan oracle 10g. klik 2 kali pada setup.exe kemudian akan muncul dialog dibawah ini : isikan nama database di Global Database Name dan password di Database Password. Kemudian pilih NEXT (tunggu sampe proses selesai)


Setelah proses selesai akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini, jangan langsung pilih next dikarenakan itu masih ada peringatan ERROR dalam status instalnya. Cara mengatasinya yaitu klik di sebelah error (kiri) tersebut untuk mengatasinya hingga muncul tanda centang.

 

Setelah selesai kemudian kita NEXT kemudian akan muncul dialog baru pilih INSTALL tunggu sampek proses instalnya selesai ini membutuhkan waktu beberapa menit aja teman-teman. Bisa ditunggu sambil ngopi.:)

 
 
 

Setelah proses instalasi tadi selesai kemudian akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini, disini kita akan memanajemen password. kemudian pilih Password Management


akan muncul gambar seperti dibawah ini kemudian ubalah password untuk User Name : SYS, SYSTEM dan SCOTT kemudian pilih OK > OK > EXIT > YES


Kemudian tunggu sebentar secara otomatis akan muncul startup dari browser anda isikan username : SYSTEM dan password sesuai password yang telah diinput saat instalasi tadi kemudian pilih LOGIN.


Setelah itu akan dibawa kehalaman lisensi oracle scroll halaman yang bawah sendiri pilih I AGREE.


Proses instalasi oracle telah selesai teman-teman mudah kan. Bagi yang mempunyai pengalaman lainnya boleh share disini juga. Dan ini pengalaman dari penulis yang pernah memakai program oracle. Mungkin ada teman-teman punya pengalaman berbeda bisa sharing disini juga. Semoga sedikit artikel ini membantu. Have nice work ^_^

0 comments:

Posting Komentar