Jumat, 22 April 2016

Menghapus Database Oracle 10g di Windows 7

Siapa sih yang gak kenal dengan software yang satu ini yaitu ORACLE. Teman-teman yang suka coding pasti familiar dan terlebih pasti teman-teman yang mengambil kuliah jurusan bidang IT udah kenal banget yang namanya oracle ini. Disini sebetulnya kita mau bahas cara uninstall oracle tapi sebelum langsung ke tema mengenai itu kita review sebentar pengertian oracle. Oracle merupakan database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen database RDBMS. Nah, itu sedikit pengertian oracle langsung ke topik mengapa disini kita bahas cara hapus oracle sebetulnya ini dari pengalaman pribadi penulis. Yang binggung gimana caranya uninstall  software tersebut. Kalau kita memakai software yang lain selain oracle kita bisa saja langsung  menguninstall software tersebut di control panel tetapi apabila oracle diperlakukan sama seperti tersebut ternyata kita tidak menghapus sampai ke bagian system.

Oke kita langsung aja tahap-tahap menghapus oracle:
Buka all program cari folder oracle disini penulis mengunakan oracle 10G kemudian buka folder oracle installation product dan klik universal installer,

 

Tunggu proses tersebut hingga muncul dialog seperti dibawah ini kemudian pilih Deinstall Products.
 

Setelah itu akan muncul dialog dibawah ini - pilih atau centang OraDb10g_home1 dan pilih REMOVE kemudian YES

Tunggu sampai proses deinstall tersebut selesai ini hingga 100%  membutuhkan waktu beberapa menit.

Setelah proses selesai kemudian pilih CLOSE dan pilih CANCEL.
 

Secara installer oracle telah dihapus tetapi didalam registry masih terdapat beberapa komponen. Untuk itu kita perlu menghapusnya juga. 

Langsung saja kita buka registry melalui RUN  > CMD > REGEDIT > OK

Setelah itu akan muncul windows Registry Editor seperti dibawah ini:
 

Disini pertama kita akan hapus di HKEY_CLASSES_ROOT
Cari Folder ORACLE kemudian dihapus semua yang berkaitan dengan oracle
Kedua kita akan hapus di HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE
Cari folder ORACLE kemudian dihapus
Ketiga masih di HKEY_LOCAL_MACHINE tetapi beda folder  yaitu :
HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > ControlSet002 > services
Cari folder yang berkaitan oracle kemudian hapus

Setelah menghapus dari registry selesai kita akan hapus bagian folder di C:\Program Files\Oracle hapus folder oracle tersebut . masih ada satu folder lagi yang akan kita hapus yaitu oracle product folder ini akan terinstall otomatis biasanya terdapat di drive D. Namun apabila teman-teman akan langsung menghapus folder ini pasti akan muncul error cara mengatasinya yaitu :
Buka folder oracle tersebut kemudian pilih folder seperti alur dibawah ini :
D:\oracle\product\10.2.0\db_1\bin kemudian rename file oci.dll tersebut terserah teman-teman mau mengganti yang terpenting extensi jangan memakai .dll setelah itu restart komputer . setelah komputer direstart folder oracle tersebut coba dihapus kembali pastinya folder tersebut akan berhasil terhapus dan tidak akan muncul error lagi.
Nah, begitu teman-teman cara menghapus instalasi oracle sampai ke akar-akarnya. Dan ini pengalaman dari penulis yang pernah memakai program oracle. Mungkin ada teman-teman punya pengalaman berbeda bisa sharing disini juga. Semoga sedikit artikel ini membantu. Have nice work ^_^

0 comments:

Posting Komentar